5 ALASAN MENGAPA MEMBUTUHKAN PENGACARA

Isu Profesi Pengacara diluar sana masih menjadi momok buruk bagi sebagian orang, mulai dari Pengacara kasih uang habis perkara, sampai dengan Pengacara Cuma bela orang ada. Kalian wajib tahu dibalik itu semua ada peranan penting dari profesi Pengacara dalam menjalankan tugasnya, oleh karenanya sampai dengan saat ini profesi Pengacara masih dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Berikut beberapa alasan mengapa peranan Pengacara dibutuhkan :

  1. SEBAGAI PENASIHAT HUKUM

Seorang Pengacara adalah orang yang mempunyai Profesi sebagai penasihat Hukum yang mana dalam hal tersebut sebelum seseorang diangkat menjadi pengacara telah memiliki dan dibekali ilmu yang cukup tentang Hukum mulai dari menempuh pendidikan sarjana hukum maupun sampai dengan Pendidikan Profesi Advokat.

Tingkat keberhasilan seorang pengacara sebagai penasihat hukum dapat dilihat dari kecakapannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan hukum kliennya secara tepat dan efektif, sehingga memberikan kepastian hukum dan perlindungan terhadap kepentingan hukum kliennya.

Tidak jarang ditemukan dalam praktik hukum banyak sekali orang-orang yang tidak berlatar belakang hukum yang menyebabkan ketidaktahuan tentang teknis penyelesaian sengketa yang menimbulkan permasalahan hukum semakin pelik dan rumit disinilah dibutuhkan peranan seorang Pengacara guna memberikan Advice atau nasihat hukum guna menyelesaikan permasalahan secara cepat, tepat dan terukur, Pengalaman dan Keilmuan Pengacara sangat menentukan Penyelesaian Permasalahan Hukum Kliennya. Maka bijaklah dalam menentukan siapa penasihat Hukum anda !

  1. SEBAGAI PENDAMPINGAN ATAU PERWAKILAN

Selain dari menjadi Penasihat Hukum seorang Pengacara mempunyai fungsi sebagai Pendamping bahkan dalam Perkara Perdata pengacara dapat bertindak untuk dan atas nama Prinsipal atau Kliennya baik perorangan ataupun badan hukum.

Bahkan dalam praktik lapangan sudah tidak jarang dijumpai, orang-orang yang berhadapan dengan permasalahan hukum datang untuk menggunakan jasa Pengacara ketika permasalahan yang di hadapi sudah sangat kompleks dan berlarut-larut dikarenakan terjadinya upaya penanganan yang sudah keliru sejak awal, oleh karenanya cukup penting menggunakan jasa pengacara dari sejak awal agar tidak semakin menimbulkan permasalahan hukum baru yang semakin tidak efisien.

Peran Pendampingan dalam praktik hukum sangatlah penting salah satu tujuan dari pendampingan itu sendiri adalah melakukan kontrol terhadap jalannya permasalahan hukum itu sendiri, tidak jarang di temukan dalam praktik pejabat-pejabat yang berwenang menyalahgunakan wewenangnya yang mengakibatkan kerugian untuk salah satu pihak, dilain sisi apabila Pengacara bertindak untuk menjadi Perwakilan apalagi dalam kasus-kasus tertentu seperti sengketa Perdata Bisnis, Badan atau Perorangan dengan diwakilkannya oleh seorang Pengacara sangat menghemat waktu, tenaga dan fikiran (efisiensi), tidak perlu khawatir karena ketika seorang Pengacara ditunjuk untuk mewakili dan/atau mendampingi mereka akan tetap membela kepentingan Kliennya sesuai dengan amanah dan Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

  1. SEBAGAI PENENGAH

Tidak jarang seorang Pengacara dalam menjalankan tugas profesinya di tuntut lebih bijaksana dalam menangani suatu permasalahan hukum. Salah satunya adalah sebagai penengah bagi Para Pihak yang sedang berhadapan Hukum, bahkan hal tersebut diamanahkan didalam Undang-Undang Advokat. Seorang Pengacara dalam menangani suatu permasalahan hukum harus mendahulukan upaya penyelesaian sengketa di luar pengadilan, dalam perkara Perdata Pengacara dituntut untuk mengedepankan upaya mediasi dalam menyelesaikan masalah hukum milik kliennya, yang artinya pengacara adalah penghubung antara pihak yang berperkara guna mencapai suatu mufakat. Dalam hal menyelesaikan permasalahan hukum khususnya ranah keperdataan upaya penyelesaian bukan hanya kepada instansi Pengadilan saja, upaya-upaya non litigasi ataupun diluar Pengadilan adalah salah satu alternatif dalam penyelesaian sengketa guna mencapai perdamaian dengan berpegang pada asas kekeluargaan, oleh karena itu peranan pengacaralah yang di tuntut lebih. Pengacara yang baik akan selalu mengusahakan agar kliennya terhindar dari permasalahan hukum yang berlarut-larut dengan salah satunya melakukan mediasi dan negosiasi tanpa harus menciderai kepentingan kliennya.

  1. SEBAGAI PENCEGAH

Sejak awal banyak masyarakat umum yang kurang ataupun tidak mengerti dalam menjalankan praktik hukum. Tidak jarang pada saat seseorang sedang berhadapan dengan hukum mempunyai tingkat depresi yang cukup tinggi sehingga memaksa orang tersebut berpikir secara instan yang nantinya malah menambah permasalahan hukum baru. Disinilah peranan penting penggunaan jasa pengacara, yang mana seorang pengacara mempunyai insting dan analisis yang baik terhadap permasalahan hukum yang sedang dihadapi oleh kliennya.

Masyarakat tidak perlu ragu untuk berkonsultasi ataupun menggunakan jasa seorang Pengacara, karena dengan kekhususan ilmu yang dimiliki oleh seorang pengacara serta di dukung dengan pengalamannya dalam berpraktik di dunia hukum klien tidak perlu khawatir terhadap nasihat hukum dan segala upaya-upaya yang diberikan oleh seorang pengacara dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang sedang dihadapi kliennya karena seluruh upaya tersebut dilakukan guna mempertahankan kepentingan dari kliennya.

Oleh karenanya, pengacara akan meminimalisir segala risiko-risiko yang akan hadir kepada kliennya (baik yang sudah ada maupun yang akan datang) berdasarkan kemampuannya, hal ini sangat penting mengingat dalam praktik hukum banyak sekali atau tidak jarang ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan situasi permasalahan hukum seseorang untuk dijadikan mata pencahariannya.

  1. SEBAGAI PELINDUNG

Sifat dan tugas dari seorang Pemhacara adalah melakukan pembelaan terhadap kepentingan kliennya, yang artinya seorang pengacara dituntut untuk membantu Kliennya menyelesaikan permasalahan hukum tanpa mencederai kepentingan dari klien itu sendiri. Seperti yang telah kami jelaskan pada poin-poin sebelumnya, dalam praktik lapangan kami cukup sering melihat banyak oknum-oknum yang menjadikan permasalahan hukum seseorang sebagai keuntungan untuk pribadinya karena hal tersebutlah pengacara dapat menjadi pelindung bagi kliennya karena pengacara dapat membela kepentingan hukum kliennya sesuai denga hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan pada uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa, pada saat ini Profesi Pengacara sangat dibutuhkan baik secara pribadi maupun badan hukum yang mana hal peranannya mampu meminimalisir risiko-risiko yang akan terjadi kepada kliennya pada saat berhadapan dengan hukum, karena pada faktanya Permasalahan hukum di Indonesia masih sangat sering dijadikan sebagai objek mata pencaharian oleh oknum-oknum tertentu yang mana hal tersebut sangat merugikan bahkan telah mencoreng wajah hukum di Negara Republik Indonesia.

Oleh karenanya bijaklah dalam menentukan dengan siapa anda meletakan kepercayaan dalam memilih pengacara anda, karena tidak jarang beberapa oknum yang membawa nama Profesi Pengacara guna kepentingan pribadi tanpa mengamalkan Kode Etik Profesi dan Undang-Undang Advokat itu sendiri. Peranan Profesi Pengacara dalam dunia hukum adalah demi menyelaraskan dan menyeimbangkan sistem hukum yang berlaku di Indonesia.

Kami hadir untuk menjaga sekaligus melawan kesewenang-wenangan Para Mafia Hukum, karena Profesi kami adalah OFFICIUM NOBILE atau Profesi Terhormat

salam ADVOKAT INDONESIA

“MAKA TEGAKKAN KEADILAN WALAU LANGIT HARUS RUNTUH”

Sekian pembahasan terkait alasan mengapa membutuhkan jasa pengacara, apabila saudara memiliki permasalahan hukum baik perorangan ataupun badan usaha, saudara dapat langsung konsultasikan kepada kami dengan menghubungi kami melalui :

Contact
Whatsaap : +6281211958632
Telp : (021) 27612488

Alamat Kantor :
Jl. Boulevard Grand Depok City, Ruko Anggrek 1 Blok C1 No.18, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *